Peringatan Hari Santri Nasional di PP Al Jauhar Jember


Jember - Peringatan hari santri nasional yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Jauhar tepatnya di Jl. Nias III No. Jember di bawah asuhan Ny. Hj. Liliek Istiqomah, SH. MH berjalan dengan hikmat, Acara memperingati hari Santri Nasional yang diselenggarakan sejak tanggal 21-23 Oktober 2016 juga di meriahkan dengan berbagai acara yang disusun oleh panitia.

Dalam memperingati Hari Santri Nasional, Pondok Pesantren Al Jauhar mengadakan pembacaan Sholawat Nariyah sebanyak 4.444 Kali diikuti oleh ratusan santri dengan harapan Indonesia tetap menjadi negara yang berdaulat, aman serta menjadi lebih baik untuk kedepannya dan utama Kebaikan dan Kemajuan Pondok Pesantren Al Jauhar. Tidak hanya itu, pembacaan Sholawat Nariyah juga di kumandangkan oleh ratusan santri saat kirab santri dalam memperingati Hari Santri Nasional 2016 sebagai salah satu bentuk rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia atas Ulama dan Santri terdahulu serta untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah S.W.T

Pondok Pesanten Al Jauhar yang mayoritas santrinya adalah mahasiswa dari berbagai Universitas dan Perguruan Tinggi di jember, sudah sepantasnya menjadi pelopor dalam memupuk rasa nasionalisme dalam Upacara Mengibarkan Bendera Merah Putih untuk mengenang, memperingati dan mendo'akan para Ulama dan Santri yang gugur di medan perang dalam memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah.

Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih yang dilaksanakan Pondok Pesantren Al Jauhar yang diikuti oleh ratusan santri berjalan Hikmat sebagaimana Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih biasanya. Perbedaannya disini hanyalah pada pakaian, sebagaimana mestinya santri berkopyah, baju putih, sarungan, dan sandal jepit. Namun semua itu tidak mengurungi rasa nasionalisme, rasa syukur dan bahagia kami kami sebagai santri dalam memperingati hari Santri Nasional.

Setelah melaksanakan Pengibaran Bendera Merah Putih, acara dilanjutkan dengan Kirab Santri diikuti semua santri, dalam kirab santri ini santri juga melantunkan Sholawat Nariyah sepanjang perjalanan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah dan kecintaan kepada Rosul.

Tak berhenti hanya sampai disitu saja, kegiatan tetap dilanjutkan setelah kirab santri usai yaitu lomba antar kamar dan beberapa permainan untuk tetap mempererat rasa persaudaan semua santri. Pada tanggal 23 Oktober 2016 dilaksanakannya Khotmil Qur'an 30 Juzz 3 kali sebanyak santri yang ada di Pesantren Al Jauhar.

Begitulah kegiatan yang dilakukan dalam memperingati Hari Santri Nasional 2016 yang kami lakukan, sebagai bentuk rasa nasionalisme memperingati Resolusi Jihad Ulama' NU dan Santri yang telah gugur, serta bentuk rasa syukur, dan kecintaan kami sebagai santri terhadap Allah dan Rosul. (afe)
Newest
Oldest